A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

ArcSDE

ArcSDE


Tanggal : 2013-02-28
ArcSDE (Spatial database Engine) adalah subsistem software server (yang dibuat dan dipasarkan oleh Esri), yang digunakan untuk memungkinkan penggunaan RDBMS sebagai data spasial. Data spasial tersebut kemudian digunakan sebagai bagian dari suatu geodatabase.

Software database, yang dinamai Spatial Database Engine (SDBE), pertama kali dirancang oleh Geographic Technologies Incorporated (GTI) di Australia. Pengembangan dilanjutkan oleh Salamanca Software Pvt Ltd, yang mengembangkan versi produksi pertama kali. SDBE awalnya menggunakan DBMS Interbase. Presiden Esri, Jack Dangermond, mengumumkan SDE pada konferensi GIS'95 di Vancouver, British Columbia, dan Esri membeli Salamnca Software tahun 1996. Software kemudian diberi merk ulang dengan nama ArcSDE, mengikut konvensi penamaan produk dari Esri.

ArcSDE berkembang untuk memenuhi kebutuhan pengguna data geografik untuk dapat melakukan editing secara multiuser, penyimpanan dan akses kepada database geospasial yang sangat besar. ArcSDE mendukung implementasi geodatabase Esri. Produk menjadi software stand-alone. Esri mengintegrasikan ke dalam ArcGIS versi 9.2.

ArcSDE 10.1

Sejak Juni 2012 Esri menjual versi terakhir ArcSDE 10.1 sebagai sebuah komponen dari ArcGIS Server - bagian dari keluarga software ArcGIS yang mengintegrasikan query informasi geografik, pemetaan, analisis spasial, dan pengeditan dalam suatu lingkungan DBMS enterprise yang multiuser.

Fungsionalitas

ArcSDE memunginkan organisasi untuk berpindah dari pendekatan trasdisional - mengelola koleksi file-file data secara terpisah -- ke dalam suatu lingkungan yang terintegrasi yang di dalamnya dapat mengelola data spasial sebagai database yang kontinyu: dapat diakses oleh seluruh organisasi secara bersamaan dan mudah untuk dipblish dalam web.

ArcSDE adalah suatu server aplikasi yang memfasilitasi penyimpanan dan pengelolaan data spasial (raster, vector, dan survei) dalam suatu DMBS dan membuat data tersedia untuk berbagai aplikasi. ArcSDE mengijinkan sesorang untuk mengelola data spasial dalam database-database komersial seperti IBM DB2, Informix, Microsoft SQL Server, dan oracle. Sejak versi 9.3, Esri menambahkan dukungan untuk database open source PostgreSQL.

ArcSDE melayani data untuk produk desktop ArcGIS yang lanjut (arcView, ArcEditor, dan ArcInfo); produk development ArcGIS (ArcGIS Engine dan ArcGIS Server), ArcView 3.x sama seperti ArcIMS. ArcSDE menjadi komponen kunci dalam pengelolaan GIS berbasis Esri yang multiuser.

Software RDBMS tradisional mengelola tabel dan record yang disimpan dalam database, ArcSDE mendorong model relasional yang lebih tinggi, sehingga software klien dapat mengelola data geografi - yang terdiri atas beberapa tabel tanpa terlihat. Pengguna tidak perlu memiliki kesdaran atau bekerja dengan RDBMS secara kusus. Lingkungan GIS mengarahkan seluruh koneksi kepda database melalui middleware ArcSDE, yang mengelola data yang disimpan dan diambil.





<< Artikel Sebelumnya
Artikel Berikutnya >>